Cara Dan Panduan Lengkap Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

Image result for Tips Belajar Gitar Akustik Elektrik Otodidak

les gitar di ciledug - Gitar adalah alat musik yang sangat di sukai beberapa orang terlebih anak muda baik cowok ataupun cewek. Gitar sangat mudah untuk di bawa kemana saja, dan dapat dimainkan dimanapun.

Perihal ini pula yang jadikan gitar jadi alat musik yang sangat di sukai oleh orang-orang didunia. Terkecuali untuk hiburan, menurut studi, bermain gitar dapat mencerdaskan otak, melatih otak kanan dan otak kiri manusia.

Dengan seiring berjalannya waktu bermain dan belajar gitar, otomatis juga akan jadikan manusia lebih kreatif dan inovatif. Tidak yakin? Silakan anda tunjukkan sendiri.

Sahabat, dalam artikel kesempatan ini saya juga akan memberi Tips Belajar Gitar Untuk Pemula. Dari mulai alat, sampai tehnis belajarnya. Sebelumnya saya memberi tips, saya ingin ajukan pertanyaan sama anda. Apakah anda punya niat beberapa benar-benar dalam berlajar gitar? Bila ya silakan lanjut membaca, bila tidak stop sampai di sini. Janganlah teruskan membaca.

Mengapa saya ajukan pertanyaan sekian? Karena gitar itu belajarnya tidak mudah gan! Dapat di katakan, gitar itu alat musik yang paling sulit. Jadi waktu latiannya harus banyak dan teratur. Siapkah anda berlatih gitar dengan teratur? Bila tidak siap, maka anda hanya juga akan menghabiskan waktu.

1. Pilih Type Gitar 

Untuk pemula, saya anjurkan anda memakai gitar dengan senar nylon, karena senar nylon tidak seberapa " menyakitkan " dibanding senar kawat. Benar, sakit banget bila untuk pemula bila latihan pertama memakai senar kawat.

Bila anda belum juga miliki gitar dan ingin beli gitar, upayakan mengajak rekan atau saudara yang telah tahu gitar, minimum gitar yang nyaman buat kamu pegang. Tidak mau dong cocok belajar gitar mendadak tangan anda kram dikarenakan jarak senar sama papan finger terlalu jauh.

Oleh karena itu, anda harus miliki gitar yang baik dan nyaman. Ingat ya, baik tidak harus mahal kok. Gitar baik dapat anda peroleh, sisa tidak problem, pokoknya ajak saudara atau rekan yang tahu gitar.

2. Belajar Kunci/Chord Gitar 

Untuk dapat bermain gitar, anda harus belajar chord atau kunci gitar yang paling basic. Minimum anda harus tahu kunci gitar A-B-C-D-E-F-G, baik itu minor maupun mayor. Itu saja yang perlu anda tekuni. Hafalkan setiap kunci, mainkan dengan berurutan dari mulai A-G.

Bila anda bingung tak ada yang mengajari, anda dapat lihat di youtube. Saat ini banyak video tutorial yang mengajarkan gitar dari pemula sampai mahir.

Tetapi, yang pertama kalinya harus anda tekuni adalah Chord/kunci gitar saja dahulu. Untuk mencari video di youtube, silakan anda tulis saja keywordnya : " Tutorial Kunci/Chord Gitar Basic ". Tentu banyak video yang bermunculan di sana. Pilih video yang berkwalitas bagus agar anda dapat terang mencontoh dan menyimaknya.

3. Belajar/Latihan Struming/Genjrengan 

Tentu anda bingung ya apa yang disebut struming? Struming adalah tehnik menggenjereng senar gitar yang di kerjakan jari kanan. Alur struming ini sangat banyak macamnya, semasing lagu memiliki type alur struming yang berlainan.

Sulit tidak, min? Mudah kok. Malah belajar struming itu lebih mudah daripada belajar beberapa macam kunci atau chord basic gitar.

Bila anda bingung tidak ada yang mengajarimu, anda dapat lihat tutorial cara dan beberapa macam alur struming di youtube. Terdapat beberapa sekali beberapa macam alur struming, anda tinggal mencari video itu dengan kata kunci (keyword) : " Beberapa macam alur struming/genjrengan gitar untuk pemula ".

4. Mainkan Lagu Sederhana 

Setalah anda belajar kunci basic dan alur struming, saat ini waktunya anda mempraktikannya di lagu simpel. Lagu simpel banyak juga sekali, beberapa ribu, bahkan juga juta-an lagu simpel. Pilih saja lagu yang anda sukai, yang anda hafal liriknya agar anda dapat juga turut bernyanyi.

Kan tidak tahu kunci/chordnya, min? Itu mah mudah sob, anda tinggal searching saja kunci gitarnya di internet kan banyak. Misalnya kunci gitar lagu Noah, tentu telah banyak yang menuliskan chord/kuncinya.

Teruslah berlatih sampai satu lagu utuh itu anda kuasai, janganlah beralih lagu bila lagu yang anda tekuni saat ini belum juga lancar. Bila satu lagu telah usai prima, baru anda mencari lagu yang lain. Dasarnya tekuni sampai usai dan anda dapat juga sembari menyanyikannya.

5. Evaluasi 

Pada step ini anda telah dapat memainkan gitar dan sembari bernyanyi. Saat ini anda harus unjuk kemampuan mengenai apa yang telah anda tekuni. Misalnya dengan bermain gitar dimuka beberapa rekanmu atau saudaramu.

Suruh rekan atau saudaramu berikan komentar dan pendapat. Apakah mereka mendengar main gitaranmu telah enak, atau masih tetap fals. Ini penting sekali sob, soalnya anda dapat tahu dibagian lagu mana yang kurang enak hingga anda dapat melakukan perbaikan kekeliruanmu.

Lihat juga : les gitar jakarta

Bila telah temukan mana yang tidak enak, dan mana yang fals, selekasnya perbaiki dengan latihan yang cukup.

0 komentar: